kenapa blog adsense belum juga dapat menghasilkan uang

by in , , , , , 1


prinsip website / blog adsense sebetulnya sangat sederhana, yang penting datangkan traffik yang sebanyak mungkin dan jangan lupa optimasi iklan adsense. Biarpun traffiknya kurang tertarget biasanya akan tetap menghasilkan dollar walaupun sedikit. namun tidak sedikit pula blog / website yang khusus dibuat untuk adsense namun tidak menghasilkan sama sekali. kenapa bisa begitu? apa yang salah?

Waktu yang tepat untuk evaluasi blog adsense

Sebelum membahas penyebab-penyebabnya perlu anda sadari dulu apa indikasi kegagalan blog adsense. Membangun sebuah blog ibarat menanam sebuah tanaman, tidak mungkin bisa langsung memetik buahnya. Anda harus merawat dari bibit menjadi tumbuh besar baru bisa menuai hasilnya. Kalau anda berperasangkan bahwa menghasilkan uang dengan blog adalah cukup dengan install dan menulis posting dan berharap bulan depan bisa dapat bayaran, saya yakin anda bakal kecewa.

lalu berapa standar waktu yang dibutuhkan untuk membangun blog? sebetulnya tidak pasti, namun berdasarkan pengalaman pribadi dan baca-baca dari blogger lain yang benar-benar konsentrasi dalam membangun blognya dibutuhkan waktu paling cepat 3 bulan. Ya, 3 bulan itupun anda harus benar-benar serius membangun jaringan, posting, backlink, sosial media dll. Itupun kalau serius, kalau dikerjakan sebagai sambilan bisa lebih lama lagi.
saya pikir waktu 3 bulan merupakan waktu yang ideal dan cocok untuk mengevaluasi apakah blog anda bangun bisa benar-benar menghasilkan atau hanya akan membuang waktu bagi anda. Namun tentunya batasan setiap orang berbeda-beda. bagi yang pertama kali membuat blog waktu 3 bulan bisa saja masih kurang dan mundur menjadi 6 atau 1 tahun.

kegagalan blog adsense

Kegagalan yang saya bahas di posting kali ini tak lain adalah blog yang tidakmenghasilkan apapun walaupun udah diurus secara maksimal. Artinya usaha anda sia-sia. Dan saya tidak membahas blog adsense yangkena banned. Blog yang kena banned adsense berarti sudah salah strategi pembuatan ataupun pengurusannya. Bila anda bermain dengan benar dan tidak melanggar aturan adsense tetapi earning masih sepi, biasanya ada 2 faktor utama  yang bikin macet :
  1. Traffik sepi, blog yang anda buat tidak kebagian traffik baik dari google maupun sumber lain seperti facebook, twitter, youtube.
  2. Ada traffik tapi earning kecil, ini kasus kedua. dibanding problem pertama masalah ini masih bisa di atasi  dengan cepat.
Apa penyebab kegagalan dan bagaimana solusinya? sedikit akan saya bahas biar anda bisa dapat pencerahan dan bikin solusi sendiri.

Blog adsense sepi traffik

Jujur saja selama ini traffik yang paling banyak saya dapat adalah dari google. Untuk bisa dapat traffik dari google mau gak mau blog harus dioptimasi SEO-nya secara maksimal. kalau kasus anda sama dengan saya yaitu masih belajar SEO dan banyak tergantung pada google. maka bila blog anda sepi biasanya ada dua penyebab utama :
  1. Masalah konten, Kesalahan yang dibuat bisa karena konten yang anda tulis tidak memperhatikan kaedah SEO Onpage. Solusinya pakai saja plugin SEO Onpage, juga pakai plugin untuk mengoptimasi konten posting yang saya tulis. Buka ini untuk memperoleh Plugin SEO Onpage dari Ayoblogging. Kesalahan kedua, konten yang anda tulis masih belum unik alias copy-paste. bukan berarti konten CoPas tidak bisa dapat traffik, masih tetap bisa asalkan anda bisa memberikan sedikit modifikasi pada konten yang anda copy.
  2. Masalah backlink, Kesalahan yang biasa dibuat adalah tidak optimal membangun backlink. Bagi saya sendiri membangun memang membosankan dan melelahkan. Apalagi yang namanya membangun backlink tidak bisa langsung dirasakan hasilnya.

dalam bermain adsense dengan traffik SEO, backlink tidak bisa disepelekan. kenapa blogger-blogger di luar sana bisa punya blog dengan backlink yang kuat dan banyak? salah satu rahasianya adalah mereka punya tool, software minimal plugin yang membantu kerja mereka membangun sebuah backlink. Ada juga blogger kaya yang berani membayar untuk membangun sebuah backlink bagi blognya, tentu konsultan SEO yang disewa jelas-jelas pakai sofftware. kalau modal anda manual sedangkan saingan anda pakai tool wajar saja kalau blog anda selalu nomor sekian.Tapi jangan khawatir asalkan anda tekun lama-lama backlink anda juga bakal ada hasilnya walaupun butuh waktu lama dan kadarnya juga kurang.
kenapa blog adsense belum juga menghasilkan duit online?
Kesalahan lain yang membuat SEO anda gagal adalah bersaing di niche atau keyword yang saingannya terlalu berat. kalau anda tidak punya tool, software ataupun team yang membantu kerja backlink anda sebaiknya pilih niche yang aman-aman saja.
Beberapa plugin dan software yang pernah saya pakai :
Solusi lain yang layak dicoba adalah mencari sumber traffik selain google seperti facebook, youtube, twitter, traffik forum, traffik yahoo dll.

Kesalahan blog adsense earning kecil

Mengenai earning yang masih kecil saya pernah membahasnya dalam materi-materi posting yang lain. beberapa penyebab earning dan beberapa solusi yang bisa anda jalankan coba :
  1. Keyword atau niche blog adsense anda memang punya bayaran klik yang rendah, kalau sudah terlanjur solusinya harus punya traffik yang banyak. baca : keyword-keyword adsense dengan harga klik mahal.
  2. Rate klik rendah, artinya dari sekian banyak pengunjung yang anda dapat ternyata klik yang anda dapat tidak sesuai harapan. kalau masalah ini yang dihadapi coba aja tri posisi iklan adsense yang paling banyak di klik, selain ituwarna dan pemilihan fonts iklan juga berpengaruh. Anda harus melakukan tes dan uji coba model iklan.

Solusi blog adsense yang gagal mendapatkan earning

kalau soal yang anda hadapi adalah earning adsense yang terlalu kecil namun traffik masih sedikit anda dapat meneruskan usaha anda dengan mencoba berbagai cara anda bisa. kalau traffik masih sepi, coba tambahkan backlink yang berkualitas atau coba mencari sumber alternatif selain google.

Bila anda merasa sia-sia saja melakukan berbagai usaha perbaikan lebih baik jual aja blog adsense anda di forum-forum atau langsung di flippa. Siapa tahu ada peminat? mungkin saja anda kurang cocok dengan blog yang anda buat namun orang lain bisa beruntung dengan blog tersebut.


sumber :http://ayoblogging.com

One Response to “kenapa blog adsense belum juga dapat menghasilkan uang”

  1. tulisan yang sngat briliant ... aku suka pembahasannya ..terstruktur . thanks a lot

    BalasHapus

tolong kalo copy artikel sertakan sumber dari web ini